Back to Kompasiana
Artikel

Film

Bijogneo

Menulis, membaca, mengomentari, dikomentari, ok-ok saja. http://bijogneo.blogspot.com/

Pintu Rahasia Masuk ke Mimpi Orang Lain

OPINI | 22 July 2010 | 07:14 Dibaca: 11841   Komentar: 12   3

Saya tahu caranya masuk ke dalam mimpi seseorang yang sedang tertidur. Mimpi adalah aktivitas bawah sadar seseorang yang sedang tertidur. Anda tentu pernah mengalami mimpi dengan penampakan yang begitu nyata sama seperti waktu anda melakukan aktivitas dalam keadaan sadar.

 

Dalam mimpi itu anda dapat melihat begitu jelas sebuah kota dengan jalan raya yang sibuk, kendaraan yang lalu-lalang, sungai, laut, bahkan teman-teman anda dan juga orang lain yang tidak anda kenal sekali pun  anda dapat melihatnya dengan jelas, dan mengingat wajahnya saat anda terbangun dari mimpi anda. Orang yang tidak anda kenal itu mungkin saja saya.

 

Inception adalah film yang menceritakan bagaimana seseorang dapat masuk ke dalam mimpi orang lain untuk tujuan-tujuan tertentu. Leonardo DiCaprio yang membintangi film ini, ia berperan sebagai Cobb yang adalah spesialis penyusup bayaran.

 

Dibantu sahabatnya, Arthur (Joseph Gordon – Levitt) dan kelompoknya, ia masuk ke dalam dimensi alam bawah sadar dengan tata ruang dan skenario yang dirancang sedemikian-rupa sehingga dapat mendukung tujuan operasi penyusupan mereka.

 

Tokoh penting lain dalam kelompok ini adalah Ariadne yang diperankan oleh Ellen Page. Ia adalah mahasiswi cantik yang sedang kuliah di Paris dan dipertemukan kepada Cobb oleh Miles (Michael caine) ketika Cobb sedang mencari pengganti arsitek dimensi mimpi dalam kelompoknya yang telah berhianat.

 

Ariadne yang muda dan cantik ini ternyata mempunyai kemampuan improvisasi yang mengagumkan dalam merancang tata ruang dan skenario mimpi. Talenta Ariadne ini membuat Cobb kagum. Singkat kata Ariadne lulus menjadi anggota kelompok.

 

Pernahkah anda bermimpi terbangun dari mimpi anda? Fakta sebenarnya adalah anda masih bermimpi! Ini adalah yang disebut rancangan tata ruang dan skenario mimpi bertingkat dua dari alam bawah sadar.

 

Film ini melarutkan penonton sampai pada tingkat lima alam bawah sadar, yaitu pada tingkat mimpi dimana seseorang terjebak, menjadi sangat tua dan kesepian menunggui kematiannya (Saito yang terluka parah dan mati tertembak dalam mimpi yang diperankan oleh Kent Watanabe) dan tidak mungkin lagi kembali ke alam nyatanya tanpa dijemput khusus oleh penyusup yang mampu melakukannya.

 

Tata ruang mimpi dan skenario ikut berubah menurut tingkatan mimpi. Dalam setiap tingkatan mempunyai tujuan penyusupannya. Lompatan mimpi ke tingkat yang lebih tinggi dapat terjadi berkat dorongan ramuan kimia berupa cairan yang disiapkan oleh Yusuf (Dileep Rao).

 

Kejeniusan Ariadne sendiri sebenarnya hanya sampai pada rancangan tiga tingkatan mimpi, sementara tingkatan ke empat adalah tata ruang dan scenario yang pernah diciptakan Cobb bersama istrinya. Di tingkat inilah Cobb menempatkan mendiang istrinya, Mal  (diperankan oleh Marion Cotillard)  setelah ia bunuh diri sebagai cara menerima kenyataan yang ditanamkan Cobb bahwa tata ruang mimpi dan skenarionya adalah kenyataannya.

 

Inilah sebenarnya yang menjadi inti cerita film ini. Cobb sangat menyesali akan apa yang pernah ia tanamkan ke dalam benak istrinya melalui alam bawah sadarnya. Cobb menanamkan pembenaran ini secara menerus selama bersama-sama membangun tata-ruang dan scenario mimpi mereka. Sampai pada suatu hari, istrinya terbangun dan menyatakan bahwa kehidupan nyatanya adalah mimpinya dan ingin mengajak Cobb kembali ke tata ruang yang mereka ciptakan dan hidup berdua selamanya disana.

 

Ketidak-relaan Cobb atas kematian istrinya yang bunuh diri dihadapannya, membuat ia ingin terus menemui istrinya di alam mimpi dengan tata-ruang dan scenario yang ia ciptakan.

 

Benturan kepentingan antara tujuan team menyusupi mimpi Robert Fisher Jr (Cillian Murphy) yang atas permintaan Saito, team menyusup dan menanamkan pesan kesadaran untuk tidak memonopoli penguasaan suplai energi (kebalikan dari kebijakan mendiang ayahnya, sang konglomerat yang baru saja meninggal dunia), dengan kepentingan Cobb untuk merelakan kematian istrinya dan dapat kembali lagi ke USA hidup bersama kedua anaknya dengan predikat bukan lagi sebagai buronan, membuat kisah mimpi ini sangat menarik.

 

Di Indonesia model penyusupan alam bawah sadar ini tentu saja dapat dimanfaatkan untuk mencari tempat rahasia penyembunyian harta-harta hasil kejahatan.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Perjalanan Malam Hari di Jalur Pantura …

Topik Irawan | | 24 July 2014 | 15:41

Berlibur Sejenak di Malaka …

G T | | 24 July 2014 | 15:51

Indonesia Bikin Kagum Negara Tetangga …

Apriliana Limbong | | 24 July 2014 | 20:51

Taman Bunga Padang Pasir …

Ferdinandus Giovann... | | 24 July 2014 | 19:07

Permohonan Maaf kepada Ahmad Dhani …

Kompasiana | | 24 July 2014 | 20:27


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: