Back to Kompasiana
Artikel

Film

Lendra Bayu

[ Blogger, Reviewer, Reporter. ] Kadang males buat bales komentar. Pliss.. Jangan marah kalau komentar selengkapnya

10 Film Terfavorit 2012

REP | 03 January 2013 | 12:55 Dibaca: 6017   Komentar: 0   0

Sumber gambar: http://moviemezzanine.com

Sumber gambar: http://moviemezzanine.com

Ini tulisan iseng. Banyak teman yang berbagi daftar best moment of 2012 mereka, termasuk best movie. Jadi saya juga mau ikut-ikutan membuat daftar 10 film 2012 terfavorit versi saya. Ingat ya, ini film favorit saya. Jadi bukan berarti 10 film ini adalah yang terbaik dan film-film yang tidak masuk daftar berarti filmnya jelek.

Niat saya hanya berbagi informasi tentang film-film bioskop yang saya nikmati sepanjang 2012 ini. Siapa tahu ada yang lagi cari-cari film untuk didownload/beli DVDnya.

!

:

i

10. Habibie & Ainun

Film terakhir yang saya tonton di tahun 2012. Kisahnya tentang cinta yang sederhana namun luar biasa dari dua tokoh yang sudah kita kenal sebelumnya. Meski banyak diselingi iklan, tapi alur yang mengalir dan akting yang luar biasa dari Reza Rahardian membuat film ini bisa menjadi karya klasik.

Film ini adalah satu-satunya hal yang mampu membuat seorang perempuan malah tersipu ketika dibilang “jelek, gendut, hitam seperti gula Jawa.”

.

9. Hotel Transylvania

Tren film animasi di tahun 2012 adalah mashup: berkumpulnya beragam karakter dari berbagai dunia ke dalam satu kisah. Hotel Transylvania memilih tokoh-tokoh dari dunia lain: Vampire, Mummy, Monster, penyihir dan lain-lain. Pesan dalam film animasi ini sangat kuat dan bagus: mampu mengajak penontonnya jangan jadi katak dalam tempurung dan mau menghargai perbedaan yang ada.

Film ini mampu membuat anak-anak tidak takut lagi dengan ’setan’, karena ternyata justru mahluk-mahluk seram ini justru takut kepada manusia.

.

8. The Dark Knight Rises

Keadilan adalah tentang memberikan hak kepada orang yang sudah menunaikan kewajibannya. Hak setiap pahlawan adalah untuk dihargai dan dihormati. Namun sebaliknya, setelah berkali-kali menyelamatkan kota Gotham dalam dua film sebelumnya, Batman justru dimusuhi oleh semua orang, termasuk Alfred pelayan setianya.

Film ini menampilkan kisah yang epik tentang kebangkitan seorang pahlawan lewat kisah yang kelam dan ending keren yang tidak terduga.

.

7. Skyfall

Daniel Craig adalah korban, perannya sebagai James Bond ‘muda’ yang kasar ternyata mengecewakan sebagian penggemar 007 yang kepalang jatuh cinta dengan sosok agen rahasia yang elegan dan flamboyan. Tapi pengorbanan itu harus dilakukan untuk sebuah proses transisi menuju era baru. Puncaknya ada pada film Skyfall di mana seluruh ikon klasik dari James Bond dilaunching kembali dengan karakter baru yang lebih segar namun tetap dengan aksi-aksi yang menegangkan.

Tidak seperti The Amazing Spider Man yang merombak dari nol seluruh kisah dan karakter dari film sebelumnya, Skyfall berhasil ‘membunuh’ karakter-karakter legendaris dengan cara yang terhormat dan membuat kita mampu menerima kehadiran karakter baru dalam sebuah kisah yang sama.

.

6. Wreck-it Ralphs

Dongeng tidak harus terjadi di masa kerajaan jaman dahulu kala bukan? Teknologi juga bisa membawa keajaiban. Film animasi ini adalah dongeng modern, sebuah kisah yang terjadi di dunia digital. Melihat kecenderungan anak-anak jaman sekarang yang lebih akrab dengan iPad ketimbang buku cerita, tentu menyajikan kisah dengan pesan moral bagus tentu menjadi tantangan yang baru. Dan lewat film ini, Disney berhasil mengukuhkan supremasinya sebagai Kerajaan Dongeng sekali lagi.

Film ini punya segalanya untuk jadi film animasi terbaik 2012: kisah yang menyentuh, karakter yang lucu, dunia khayal penuh warna-warni menarik, dan gimmick berupa berkumpulnya beragam karakter video game yang mampu membuat ayah dan ibu bernostalgia.

.

5. The Thieves

Dibuka dengan sebuah adegan pencurian yang kocak, penonton langsung dibuat paham bahwa karakter-karakter dalam film ini adalah orang-orang yang cerdas. Saking cerdasnya, mereka sanggup menjalankan misi pencurian yang rumit sambil tetap menjalankan agendanya masing-masing. Gelar film Korea terlaris sepanjang masa sudah cukup untuk menunjukkan betapa kerennya film yang dibintangi 10 mega-bintang asal Korea Selatan dan Hong Kong ini.

Film menyajikan banyak twist dengan plot berlapis, menontonnya seperti naik rollercoaster sambil tertawa-tawa.

.

4. The Cabin In The Woods

Film horor terbaik sepanjang 2012. Disajikan dengan gaya nyeleneh dan mungkin membuat penontonnya teriak “JADI INI FILM TENTANG APA SEBENARNYA?” di akhir film. Tapi untuk apa memusingkan cerita? Yang dicari dari film horor tentu rasa seram dan ketegangannya bukan?

Film ini dijamin seram karena diisi oleh mega bintang film horor: monster, arwah gentayangan, binatang buas, zombie, robot pembunuh, dan masih banyak lagi mahluk pemangsa manusia yang kopi darat di film ini.

.

3. Chronicle

Film superhero sudah banyak tapi tidak semuanya humanis; maksud saya… memangnya apa sih yang akan anda lakukan jika mendapat kekuatan super? Menjadi jagoan dan memberantas kejahatan? Tidak, film ini menunjukkan bahwa yang pertama kali dilakukan pasti bersenang-senang dan mengeksplorasi kekuatan itu lebih jauh lagi. Apalagi jika tokoh utamanya adalah tiga orang remaja. Namun eskplorasi yang berlebihan tentu berujung eksploitasi, dan di sinilah konflik dalam film bermula.

Teknik pengambilan gambar mockumentary yang unik seolah seperti dokumenter membuat film ini semakin tegas menunjukkan bahwa membasmi kejahatan seperti yang  para superhero selama ini lakukan hanya ada di film saja.

.

2. Life of Pi

Film terindah yang pernah saya saksikan. Setiap adegannya sangat mengenyangkan mata. Tapi dibalik visualisasinya yang mengagumkan, tersaji sebuah kisah spiritual yang cerdas dan mampu mengetuk hati anda.

Film yang luar biasa ini ditutup dengan dialog yang luar biasa juga. Memilih apa yang akan kita “percaya” itu mampu memberi kekuatan jiwa yang sangat besar.

.

1. Prometheus

Film yang mampu membuat saya membahasnya lagi dan lagi selalu jadi poin utama dalam menentukan film mana yang menyandang gelar terfavorit. Siapa yang menyangka film Alien yang seram itu ternyata bisa dipelintir kisahnya menjadi sangat filosofis: siapa pencipta manusia dan untuk tujuan apa manusia diciptakan? Viral dan diskusi yang muncul setelah film ini diputarlah yang membuat Prometheus jadi keren. Semua teori konspirasi ketuhanan keluar dan mendadak adegan demi adegan dalam film ini seolah memiliki pesan tersembunyi untuk menemukan harta karun dalam wujud pengetahuan.

Entah siapa yang mulai, tapi menyamakan proses kehamilan Bunda Maria dengan adegan inseminasi alien ke rahim astronot perempuan (yang jadi adegan klasik di film Alien) berhasil membuat diskusi jadi panas dan ujungnya membuat film Prometheus jadi semakin menarik untuk dibahas.

-=-=-=-=-

Demikian daftar 10 film terfavorit 2012 versi saya. Tentu masih banyak film bagus dan keren lain yang tayang di tahun 2012. Kalau film favorit teman-teman apa? Looper, 5cm, Men In Black 3, The Avengers? :)

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | | 25 October 2014 | 17:32

ATM Susu …

Gaganawati | | 25 October 2014 | 20:18

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Serunya di Balik Layar Pemotretan Presiden …

Gatra Maulana | 9 jam lalu

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | 10 jam lalu

Hatta Rajasa Tahu Siapa Bandit Migas …

Eddy Mesakh | 11 jam lalu

Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan …

Sintong Silaban | 12 jam lalu

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | 13 jam lalu


HIGHLIGHT

Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku …

Indria Salim | 10 jam lalu

Hanya Tontowi/Liliyana di Final Perancis …

Sapardiyono | 10 jam lalu

Pilih Steak Sapi New Zealand Atau Ramen …

Benny Rhamdani | 10 jam lalu

Upacara Adat Satu Suro Kampung Adat Cirendeu …

Sandra Nurdiansyah | 11 jam lalu

50 Yacht Luar Negeri “Serbu” …

Mustafa Kamal | 11 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: