Back to Kompasiana
Artikel

Musik

Budiono

Alumnus FEUI yang 'kebetulan' memiliki nama yang sama dengan Bapak Wakil Presiden RI 2009-2014 (tapi selengkapnya

10 Lagu Paling Menginspirasi dari Mariah Carey

OPINI | 09 April 2011 | 15:35 Dibaca: 22292   Komentar: 11   0

vlcsnap-2011-03-25-20h20m34s8127 Maret 2011 lalu, Mariah Carey baru saja merayakan ulang tahunnya. Diva asal Negeri Paman Sam itu telah sukses menelurkan karya-karya emas yang berhasil merajai tangga-tangga lagu dunia. Berbagai penghargaan bergengsi pun sukses dikantonginya. Bahkan, Mariah telah mensejajarkan namanya dengan musisi legendaris Elvis Presley dan The Beatles sebagai artis dengan hits nomor 1 terbanyak di US Billboard Hot 100.

Kiprah dan totalitas sang diva di dunia musik pun tak perlu dipertanyakan lagi. Mariah Carey lebih dari sekedar penyanyi, ia juga merangkap sebagai penulis lagu dan produser di album-albumnya. Tak jarang lagu-lagu yang ditulisnya merefleksikan bagian dari perjalanan hidupnya yang sangat personal. Tak heran memang jika para penggemar Mariah bisa dengan mudah mengaitkan lagu-lagu tersebut dengan kehidupan mereka.

Melalui lagu yang dilantunkannya, Mariah Carey telah menginspirasi dan memotivasi banyak orang di seluruh dunia. Makna dari lirik lagunya yang mendalam dengan dibalut melodi yang indah telah memberi arti sendiri bagi orang-orang yang mendengarnya. Berikut ini, 10 lagu Mariah Carey yang paling inspiratif menurut saya.

1. Hero

Hero merupakan salah satu lagu Mariah Carey yang paling populer sehingga sering disebut-sebut sebagai signature song darinya. Lirik lagu ini terangkai begitu indah dengan gaya bahasanya yang puitis. Lagu ini berusaha memotivasi kita untuk yakin pada kekuatan diri sendiri karena hero (pahlawan) itu selalu ada dalam diri kita. Hero ada di hati kita, hero ada dengan kekuatan yang sanggup melakukan segalanya. Kenyataan yang harus kita sadari adalah hero itu tak lain dan tak bukan adalah diri kita sendiri. Lagu ini sangat sesuai bagi orang-orang yang sedang mengalami kesusahan, ketakutan, dan kegelisahan dalam hidup.

2. 100%

100% berisi pesan moral untuk terus berjuang dan pantang menyerah dalam menjalani kehidupan. Hidup itu harus dijalani dengan 100%, jangan pernah berhenti sampai mencapai titik akhir, jangan biarkan orang lain mengganggu, dan jadilah sang juara yang berhasil mencapai puncak tertinggi. Lagu ini cocok dijadikan lagu penyemangat dalam mengejar impian dan cita-cita. Selain itu, lagu ini bisa menjadi motivator bagi orang yang menjalani kehidupan yang berat, seperti yang dialami Clarice Precious Jones di film “Precious” (awalnya lagu ini direncanakan untuk menjadi lagu tema dari film tersebut).

3. Can’t Take That Away (Mariah’s Theme)

Can’t Take That Away memberikan kekuatan dalam menghadapi perkataan dan perlakuan buruk dari orang lain. Orang lain boleh saja terus berusaha untuk menjatuhkan kita, namun kita tidak boleh membiarkan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Lebih lanjut lagu ini menuturkan bahwa ada cahaya yang bersinar dalam diri seseorang yang tak bisa diganggu dan diambil oleh orang lain. Cahaya itu merupakan kebanggaan dan kedamaian yang ada pada hati seseorang yang tak akan pernah pudar sepanjang masa.

4. When You Believe

When You Believe bercerita tentang kekuatan harapan dan keyakinan yang mampu melampaui segalanya. Lagu ini bernuansa religius. Segala sesuatu mungkin saja terjadi apabila kita meyakininya. Begitu pula halnya dengan keajaiban yang dapat terjadi pada siapa saja selama ia mempercayainya.

5. Bye Bye

Bye Bye sengaja ditujukan untuk orang-orang yang sedang kehilangan seseorang yang dikasihinya, bisa teman, kekasih, atau keluarga. Tentu sangat berat untuk melepaskan kepergian orang yang dikasihi. Mengucapkan selamat tinggal adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, apalagi bila kita tahu bahwa mereka akan pergi untuk selamanya. Mariah tahu betul rasanya ditinggalkan orang yang sangat dikasihinya untuk selamanya, maka dari itu ia menulis lagu ini untuk mengenang sang ayah yang telah tiada.

6. Through The Rain

Through The Rain memotivasi seseorang yang sedang menghadapi cobaan hidup yang berat untuk bisa bangkit dengan kekuatan sendiri. Seberat apapun masalah yang dihadapi,  hanya dengan berpegang teguh pada keyakinan seseorang pasti dapat mengatasinya seorang diri.

7. There’s Got To Be A Way

There’s Got To Be A Way berusaha membangkitkan kepedulian kita akan berbagai masalah sosial kemanusiaan yang ada di dunia saat itu. Lagu ini meyakinkan bahwa pasti ada jalan mempersatukan umat manusia untuk melakukan perubahan dan mewujudkan masa depan tanpa perang, kemiskinan, dan kesedihan.

8. Make It Happen

Lagu yang terinspirasi kisah perjalanan hidup sang diva ini bercerita tentang perjuangan, keyakinan, dan doa. Make It Happen menanamkan keyakinan untuk terus berjuang menghadapi beratnya cobaan hidup dan memberikan semangat untuk mewujudkan harapan kita.

9. Fly Like A Bird

Lagu bernuansa gospel ini menyampaikan pesan perdamaian dan cinta kasih. Saat kita semua lelah dengan dunia yang penuh kekacauan dan peperangan dan merindukan tempat yang tenang dan penuh kedamaian, ingin rasanya untuk bisa terbang bebas ke angkasa laksana seekor burung. Pesan moral yang ingin disampaikan Fly Like A Bird sangatlah relevan dengan kondisi dunia saat ini.

10. My Saving Grace

Lagu bernuansa gospel ini bercerita tentang pelajaran hidup yang diperoleh  seseorang setelah mengalami berbagai cobaan hidup. Segala cobaan berat pasti dapat dilewati berkat kedamaian, kekuatan, dan harapan dari Tuhan. My Saving Grace benar-benar memberikan ketentraman hati dan hasrat untuk selalu tersenyum.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Tertib Anak-anak Jepang di Taman …

Weedy Koshino | | 01 September 2014 | 14:02

Karet Loom Bands Picu Kanker …

Isti | | 01 September 2014 | 20:48

Manajemen Pergerakan dan Arah Perjuangan …

Jamesallan Rarung | | 01 September 2014 | 22:12

Florence …

Rahab Ganendra | | 01 September 2014 | 19:09

9 Kompasianer Bicara Pramuka …

Kompasiana | | 01 September 2014 | 13:48


TRENDING ARTICLES

Ratu Atut [Hanya] Divonis 4 Tahun Penjara! …

Mike Reyssent | 7 jam lalu

Pak Jokowi, Saya Jenuh Bernegara …

Felix | 13 jam lalu

Dilarang Parkir Kecuali Petugas …

Teberatu | 14 jam lalu

Ini Kata Rieke Dyah Pitaloka …

Uci Junaedi | 14 jam lalu

Ini Pilihan Jokowi tentang Harga BBM …

Be. Setiawan | 15 jam lalu


HIGHLIGHT

Koalisi Merah Putih di Ujung Tanduk …

Galaxi2014 | 7 jam lalu

Pemuda Solusi Terbaik Bangsa …

Novri Naldi | 8 jam lalu

Rasa Yang Dipergilirkan …

Den Bhaghoese | 8 jam lalu

Kisah Rhoma Irama “Penjaga …

Asep Rizal | 9 jam lalu

Marah, Makian, Latah. Maaf Hanya Ekspresi! …

Sugiyanto Hadi | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: