Back to Kompasiana
Artikel

Musik

Tips Olah Vokal

OPINI | 30 November 2012 | 12:58 Dibaca: 1687   Komentar: 0   1

Dalam sebuah band vokalis memegang suatu peranan penting dalam menarik perhatian audience (penonton), mulai dari penampilan berpakaian, aksi panggung sampai bagaimana membuat penonton terhanyut ketika mendengar suara vokalis tersebut membawakan lagunya. Nah untuk mendapatkan hasil suara yang maksimal berikut beberapa tips yang Poin dapatkan dari orang-orang yang berpengalaman dibidang vokal, semoga bisa membantu…so lest cekidot!!!

Untuk memulai latihan vokal yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni :

1. Relax/santai

Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai.

Misal: ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur, bisa juga pada saat menghembuskan badan kamu bungkukkan badan (kayak posisi rukuk waktu sholat, tapi kepala nggak lihat ke depan, tapi ke bawah (bahkan agak melihat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan agar santai. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya, lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan merasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas mengikuti badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. (kalau ada temanmu, dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak, Itu sangat membantu proses relaksasi).

2. Tes potensi dengan melatih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal (A..I..U..E..O) dan konsonan. Ingat, rahang harus santai.

a. Latihan diafraghma :

Misal : huruf k-ch-k-ch-sssst-th. Dengan tempo cepat.
Ho-ho-ho…ha-ha-ha

b. Latihan wilayah nasal (hidung):

Misal : “nya-nya-nya” dengan benar-benar menekankan suara
cempreng dari hidung.

c. Latihan bibir

Misal : nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya
seperti “brrrrr-brrrr-brrr-brrr” nyanyikan tangga nada, arpeggio,
secara staccato (patah) maupun legato.

d. Latihan lidah

Misal : “la-la-la. Ra ra ra, tatata.” (biar tidak bosan bisa sekalian latih
semuanya pakai tangga nada, arpeggio).

3. Setelah sudah relax, kamu baru boleh nyanyi

Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik, jika memang belum bisa lebih baik ikutlah kelas bimbingan pribadi untuk bidang musik.

Ada lagi nih tips lainnya :

1. Kalau nyanyi perhatikan posisi bukaan mulut.
Kadang-kadang kita suka lupa buka mulut dengan benar. Padahal mulut penting banget untuk pembentukan Tone yang jelas.

2. sering-seringlah latihan pakai Falsetto/suara palsu.
Karena falsetto itu membantu menambah power. Ketika kita latihan falsetto, diafragma kita “dipaksa” untuk bekerja 3x lipat. Hasilnya adalah ketika kita menyanyi biasa, kerja otot diafragma sudah terlatih dan otomatis power kita pun bertambah. Tapi ingat jaga suara falsetto supaya tetap stabil, dan jangan sampai leher kita tegang. Karena kalau otot leher tegang maka kerjanya akan berat sekali dan itu tidak bagus untuk kesehatan otot-otot leher.

3. Just be yourself/PeDe aja deh.
Tuhan sudah kasih kita suara yang unik, yang beda antara satu dengan yang lain. Kenapa mesti ingin jadi orang lain? dengan kita mengenali suara kita, kita jadi tahu latihan seperti apa yang diperlukan pada saat menyanyi dan ke arah mana saat berlatih.

Nah yang ini untuk meningkatkan kemampuan vokal kamu :
1. Jauhkan tangan kamu dari tubuh sedikit. Genggam tangan di depan kamu. Naikkan sekitar dada dengan posisi yang nyaman. Posisi ini akan memberikan ruang diafragma paru-paru secara maksimal. Banyaknya udara di dalam paru-paru memungkinkan kamu untuk mengeluarkan suara dengan kuat dan jelas. Belajar musik, dalam kasus ini belajar seni suara ini perlu diperhatikan.

2. Posisikan kaki selebar bahu. Pastikan keseimbangan kamu solid namun tetap nyaman. Bengkokkan sedikit lutu kamu. Jika anda harus menyanyi saat duduk, pastikan kedua kaki menapak lantai datar sama rata dan duduk dengan tegap, namun tidak kaku. Dalam melakukan pembinaan/bina seni suara dan belajar musik jangan sampai menyepelekan hal seperti ini.

3. Rilex! Tekanan membuat tonal vokal berantakan. Coba untuk menjaga bahu kamu agar tidak meninggi dan leher dari tekanan. Jangan paksa dada ke atas ketika mengambil napas, karena yang terjadi sebenarnya menghalangi aliran udara. Tips ini mungkin diajarkan juga di les vokal. Selanjutnya, Tetap bergerak, karena membuat kamu lebih santai dan tonal suara kamu terlihat lebih natural. Coba untuk bergerak mengikuti irama, ini akan membuat kamu terlihah lebih menarik.

4. Ketika menarik napas, tekan perut kamu keluar. Hal ini memungkinkan paru-paru untuk terisi secara penuh. Sejalan dengan kamu mengeluarkan napas, masukan perut kamu perlahan dengan menggunakan otot diafragma untuk mengontrol notasi. Ini ilmu yang dipraktekan juga di tempat kursus vokal.

5. Jika kamu harus menyanyi dengan not tinggi atau kamu mendengar suara kamu flat, naikkan tangan kamu sedikit dan senyum. Coba menutup mata kamu dan tegakkan wajah ke atas untuk not yang sangat tinggi. Belajar seni suara memang harus memperhatikan aspek lain. Walaupun tidak ikut les formal kursus seni suara..

6. Untuk menyanyi dengan nada tinggi, coba turunkan lengan kamu sedikit dan buka mulut lebih lebar dengan cara menurunkan dagu bawah. Jangan sampai dagu menempel ke leher karena akan mengakibatkan aliran udara terhambat.

7. Santai, rileks. Jika anda mengikuti tips ini dengan sepenuh hati, menyanyi akan menjadi suatu kebiasaan. Dengan terbiasa melakukan hal ini les seni suara - kursus seni suara bukanlah menjadi keharusan bagi Anda.

Yang ini tips sederhana dan kayanya wajib deh buat di terapkan oleh tiap vokalis, coba cek :

1.Hindari rokok & alkohol :
Walaupun sebagian besar vokalis perokok coba deh kalo bisa dihindari karena bisa ngerusak pita suara kamu, efeknya memang gak langsung.

2.Hindari makan gorengan apalagi penggorengan,
Ini udah jelas minyak tuh gak bagus buat tenggorokan, trus buat vokalis yang berdomisili di jakarta jangan sering-sering makan batagor di Bandung (jauh bo..cari yg deket aja,di depan SD inpres banyak tuh)

3.Banyak minum air putih
Selain buat menetralisir, air putih bagus juga buat pencernaan, jadi kalo pencernaan kamu lancar nyanyinya juga enak kan?coba kamu bayangin ketika di atas panggung tiba-tiba kamu kebelet Pup, panas dingin pasti kan..

4.Jangan begadang
Boleh aja sih kalo ada artinya (Rhoma Irama mode on). Jangan begadang pada saat besoknya kamu harus pentas atau take vocal. Lain halnya pada saat bulan puasa boleh deh tuh begadang sekalian ngelatih vokal keliling kampung bangunin orang sahur.

5.Hindari es dalam bentuk apapun,
Mau es campur kek, es cendol kek, es tungtung kek termasuk air es juga lebih baik dihindari, Poin saranin minum air hangat 5 atau 10 menit sebelum manggung, tapi jangan banyak2!! yang ada kembung malahan.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

‘Gabus Pucung’ Tembus Warisan Kuliner …

Gapey Sandy | | 24 October 2014 | 07:42

Terpaksa Olahraga di KLIA 2 …

Yayat | | 25 October 2014 | 02:17

Ikuti Kompasiana-Bank Indonesia Blog …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:39

Pengabdi …

Rahab Ganendra | | 24 October 2014 | 22:49

Ikuti Blog Competition dan Nangkring di IIBF …

Kompasiana | | 12 October 2014 | 18:25


TRENDING ARTICLES

Kursi Gubernur Ahok dan Ambisi Mantan Napi …

Zulfikar Akbar | 5 jam lalu

Jangan Musuhi TVOne, Saya Suka Tendangan …

Erwin Alwazir | 6 jam lalu

Jokowi Ajak Sakit-sakit Dulu, Mulai dari …

Rahmad Agus Koto | 6 jam lalu

Gayatri, Mahir Belasan Bahasa? …

Aditya Halim | 10 jam lalu

Romantisme Senja di Inya Lake, Yangon …

Rahmat Hadi | 10 jam lalu


HIGHLIGHT

Tips COD (Cash on Delivery) an untuk Penjual …

Zanno | 11 jam lalu

DICKY, Si Chef Keren dan Belagu IV: Kenapa …

Daniel Hok Lay | 11 jam lalu

Kursi Gubernur Ahok dan Ambisi Mantan Napi …

Zulfikar Akbar | 12 jam lalu

Dosen Muda, Mana Semangatmu? …

Budi Arifvianto | 12 jam lalu

Aku Berteduh di Damai Kasih-Mu …

Puri Areta | 13 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: