Back to Kompasiana
Artikel

Musik

Reza NOAH : Berjilbab, Fatin X Factor Tak Akan Sukses

OPINI | 13 March 2013 | 16:47 Dibaca: 6779   Komentar: 45   8

“]Fatin Shidqia Lubis [gambar:kapanlagi.com]

Fatin Shidqia Lubis [gambar:kapanlagi.com

Sebagai Fatinistic, heran juga rasanya membaca sebuah berita di laman musik okezone.com, yang menulis pendapat Reza, drummer grup band NOAH, tentang Fatin Shidqia Lubis yang tengah menjadi idola publik. Fatin sendiri adalah peserta kompetisi bernyanyi X Factor Indonesia yang akan memasuki galashow ke-4 pekan ini. Reza tidak menyangkal keunikan dan ke kekuatan warna vokal Fatin. Reza malah mempermasalahkan jilbab yang dipakai siswi SMU yang baru berusia 16 itu.

Menurut Reza seperti yang diberitakan okezone.com, jika kelak Fatin berkarir di industri musik, maka ia akan sulit untuk bisa sukses lantaran Fatin menggunakan jilbab dalam setiap penampilannya. Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa Reza menganggap penampilan adalah hal penting dalam industri musik. Misalnya gaya rambut, penampilan yang seksi dll.  Dan jika dibalik, tentu logikanya Fatin akan sukses jika membuka jilbab. Tapi tentu saja Reza dalam hal ini tidak dalam posisi menyuruh Fatin untuk melepas jilbab. Itu adalah analisa semata. Reza mencontohkan penyanyi lain yaitu Reza Artamevia yang job manggungnya turun semenjak berjilbab. Jadi, analisa Reza NOAH tidak perlu ditanggapi lain.

Jika Reza mengatakan demikian, maka lain lagi apa yang disampaikan Bim Bim, drummer grup rock legendaris Slank yang justru meminta Fatin mempertahankan jilbab-nya. Dengan kata lain, Bim Bim boleh dibilang tidak mengaitkan jilbab Fatin dengan masa depannya di industri musik. Hal serupa juga tercermin dari komentar Anggun. C. Sasmi yang justru memuji Fatin dengan jilbab-nya, bahkan menganggap itu suatu kelebihan yang dipunyai Fatin.

“Fatin jangan goyang dan jangan lepas jilbab” (BimBim Slank)

“Fatin kelebihan kamu itu banyak banget. Suara kamu bagus. Dan bukan bagus saja, tapi juga punya identitas. Orang yang denger pasti tau kalau itu suara Fatin. Satu lagi kelebihan kamu, dengan berjilbab, kita bisa buktiin bahwa jilbab bisa modis dan fashionable. Baguuss sekali.” (Anggun C. Sasmi)

Selain Bim Bim dan Anggun, Kak Seto pun meminta anak-anak indonesia untuk mencontoh Fatin dalam hal berbusana. Menurut beliau Fatin adalah teladan yang baik untuk remaja seusianya.

Apapun analisa dari Reza, yang pasti ’sihir’ Fatin akan terus menghipnotis jutaan penggemarnya. Coba kita lihat bagaimana lagu-lagu macam Grenade, Pump up Kicks dan Diamond, yang dinyanyikan Fatin di ajang XFI, menggema di mana saja. Di pasar, di toko-toko, di kantor, warnet, warung-warung hingga mobil sedan mewah. Bahkan di itunes, lagu girl on fire ala Fatin menempati posisi pertama jauh meninggalkan lagu aslinya yang dibawakan Alicia Keys.

Bukan bermaksud untuk berlebihan, jika nanti Fatin merilis album dan dibeli oleh penggemar setianya saja, saya yakin itu sudah bisa masuk kategori album laris, di saat para musisi Indonesia ‘malas’ mengeluarkan album melihat keadaan industri musik sekarang ini. Itu terlepas dari banyak atau tidaknya job manggung yang diterima Fatin, jika jilbab-nya itu dijadikan alasan.

Yuna Zarai go internasional dengan jilbab [gambar:beutyandthefeastblog.com

Yuna Zarai go internasional dengan jilbab [gambar:beutyandthefeastblog.com

Kita juga tidak bisa melupakan bagaimana kisah seorang Yuna Zarai, penyanyi Malaysia yang sudah go internasional dengan jilbab-nya. Penampilan dan suaranya membuat produser asal Amerika kepincut. Lalu pertanyaannya, apa iya Fatin tidak bisa? Tanpa maksud merendahkan Yuna, menurut saya, suara Fatin karakternya lebih dominan. Dan memang jenis suara yang dimiliki Fatin ini, ras-nya lebih dekat ke industri musik mancanegara. Meskipun itu masih sebatas angan-angan belaka, setidaknya saya memilih untuk bangga bahwa ada anak negeri yang punya potensi besar untuk mengharumkan nama bangsa di industri musik dunia, ketimbang meramalkan efek jilbabnya.

Apapun itu, sah-sah saja Reza meramalkan demikian. Tapi tetap saja waktulah yang akan membuktikan. Toh, masa depan NOAH yang diramalkan akan suram, lantaran vokalisnya sempat diguncang skandal memalukan, tetap saja bisa eksis sampai sekarang.

Terlepas dari bagaimana masa depan Fatin nanti, saya yakin semua orang Indonesia berharap ada orang lain setelah Anggun, Shandy Sandoro dan Agnes Monica yang bisa berbicara di kancah musik dunia. Dan orang itu mungkin saja the little girl with jilbab, Fatin Shidqia Lubis.

@OrangMars

@FatinSL

@Fatinistic

http://music.okezone.com/read/2013/03/13/386/774940/suka-tapi-reza-noah-ragu-fatin-shidqia-sukses

http://indonesiarayanews.com/news/hiburan/03-03-2013-09-11/kak-seto-jilbab-fatin-shidqia-contoh-baik-ditiru-remaja-indonesia

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Emak, Emang Enak Nunggu Kereta Sambil …

Masluh Jamil | | 27 November 2014 | 05:41

BBM Naik, Pelayanan SPBU Pertamina …

Jonatan Sara | | 27 November 2014 | 01:16

Nangkring bareng Litbang Kementerian …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 19:25

Munas Golkar Tak Diijinkan di Bali Pindah …

Akhmad Sujadi | | 27 November 2014 | 00:00

Ikuti Lomba Resensi Buku “Revolusi …

Kompasiana | | 08 November 2014 | 15:08


TRENDING ARTICLES

Prabowo Seharusnya Menegur Kader Gerindra …

Palti Hutabarat | 3 jam lalu

Menteri Dalam Negeri dan Menko Polhukam …

Hendi Setiawan | 12 jam lalu

Menguji Kesaktian Jokowi Menjadi Presiden RI …

Abdul Adzim | 12 jam lalu

Kisruh di Partai Golkar, KMP Pun Terancam …

Adjat R. Sudradjat | 12 jam lalu

Riedl: Kekalahan Dari Filipina Buah Dari …

Hery | 14 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: