Back to Kompasiana
Artikel

Musik

X Factor Indonesia: Menuju Fantastic Four

OPINI | 17 April 2013 | 17:44 Dibaca: 1659   Komentar: 93   2

1366192602441615776

xfactorindonesia.com/edited by OrangMars

Memasuki gala show ke-9 jumat lusa, itu artinya ajang pencarian penyanyi berkarakter X Factor Indonesia (XFI), hanya akan menyisakan 4 peserta saja untuk kembali mengadu faktor X mereka minggu depan di gala ke-10. Lalu siapakah kira-kira kontestan yang masih akan bertahan untuk semakin dekat menuju tahta sang juara XFI edisi perdana?

Di gala ke-9 Jumat, 19/04 nanti para kontestan yang tersisa yaitu Fatin, Shena, Mikha, Novita dan Nu Dimension akan membawakan tema Kartini di panggung megah X Factor. Masing-masing peserta akan membawakan satu lagu secara solo dan satu lagi berduet dengan penyanyi-penyayi wanita kelas wahid di Indonesia. Kemungkinan lagu-lagu yang dinyanyikan para peserta juga berasal dari hits tanah air.

Melihat beberapa kejutan yang terjadi pada beberapa gala show teranyar, seperti jatuhnya peserta yang selama ini diduga punya dukungan SMS yang kuat macam Mikha Angelo dan Nu Dimension ke buttom two, membuat ‘ending’ gala show ke-9 adalah sesuatu yang sangat sulit untuk diprediksikan.

Pergerakan voting pemirsa semakin susah untuk ditafsirkan. Bagaimana Nu Dimension yang tampil sangat baik di gala minggu lalu harus berjibaku dengan Isa Raja di save me song. Meskipun pada akhirnya Isa-lah yang tereliminasi, ini tetap harus jadi catatan penting bagi NUDI (nama tenar Nu Dimension) bahwa penampilan yamg sempurna belum tentu bisa mendulang banyak dukungan pemirsa.

Lalu, siapakah yang layak mengisi Fantastic Four di gala ke-10 mendatang?

1. Fatin ‘Grenade’ Shidqia (mentor : Rossa)

1366192266482570442

xfactorindonesia.com

Sebagian besar orang mungkin tidak pernah merasa heran mendapati perjalanan Fatin Shidqia di XFI sudah sampai sejauh ini. Saat XFI masih dalam masa audisi-pun, gadis lucu berjilbab ini sudah diramalkan akan menjadi kekuatan massive dipanggung XFI. Hal itu setidaknya terbukti hingga gala show ke-8 minggu lalu, Fatin samasekali belum tersentuh buttom two alias posisi voting dua terbawah. Fatin banyak disukai karena memiliki dua faktor X yang belum ada tandingannya. Warna vokal-nya yang diyakini Bebi Romeo bisa mendunia, dan karakternya yang lucu, polos dan menggemaskan di atas panggung. Fatin dinilai cukup berpeluang untuk terus lanjut ke-4 besar. Selain itu Fatin juga sempat mendominasi Top 20 chart iTunes Indonesia dengan 3 buah lagu sekaligus. These Words, Arti hadirmu dan Mercy.

2. Shena ‘ The Queen’ Malsiana (mentor : Rossa)

136619223684578440

xfactorindonesia.com

Semenjak menghentak panggung XFI dengan lagu Creep yang menyayat-nyayat, Shena menjelma menjadi kekuatan baru setidaknya di 5 besar ini. Penampilannya yang oleh Ary Lasso dikatakan ‘kelas dunia’ mulai mendapat banjir dukungan dari minggu ke minggu. Dua lagu Shena minggu lalu, ‘Aku Bukan Bang Toyib’ (Wali) dan ‘No One’ (Alicia Keys), memuncaki chart iTunes Indonesia selama beberapa hari. Melihat trend positif Shena dan larisnya lagu ’sang Ratu’ di iTunes, sepertinya Shena bisa membidik satu tenpat di 4 besar.

3. Novita Dewi-NNERS (mentor : Bebi Romeo)

1366192339953036375

xfactorindonesia.com

Menjadi satu-satunya ‘anak’ Bebi Romeo yang tersisa menyusul kepulangan Isa Raja, membuat Novita Dewi harus tampil all out di setiap gala. Novita agaknya harus berterimakasih kepada Ahmad Dhani yang pernah ‘menyadarkannya’ tentang apa itu X Factor di beberapa gala yang lalu. Dengan demikian, Novita bisa menggali segala sesuatu yang mungkin bisa menjadi faktor X di samping teknik vokalnya yang sudah mumpuni. Ini setidaknya mulai terlihat di gala minggu lalu saat Novita boleh dibilang tampil sangat baik seperti penampilannya yang sudah-sudah. Meskipun Novita Dewi tidak begitu laris di iTunes, setidaknya peserta –yang pernah berada dibawah label rekaman terkenal –ini masih punya pendukung loyal untuk menyelamatkannya ke bahtera 4 besar jumat depan.

4. Mikha ‘Buble’ Angelo (mentor : Anggun)

1366192304339205576

xfactorindonesia.com

Kontestan termuda dan pemilik jumlah followers twitter terbanyak ke-2 setelah Fatin ini, pada awalnya diprediksi akan melenggang mulus ke 3 besar. Namun ‘petaka’ buttom two di gala ke-7 yang lalu, membuat fans fanatik mikha terhenyak dan kembali menyusun kekuatan. Ini terbukti pada gala minggu lalu Mikha yang digadang-gadangkan sebagai Michael Buble-nya Indonesia selamat dari jegalan buttom two. Meski mulai mendapat tekanan dari komentar-komentar negatif Bebi Romeo, Mikha masih tetap di harapkan Ahmad Dhani masuk ke top 3 XFI 2013. Selain itu, Anggun sebagai mentor tentu tak mau kehilangan peluru sebelum perang benar-benar usai. Peluang Mikha untuk terus melaju masih terbuka meskipun juga bisa mengecil jika gala ke 9 nanti masih menggunakan sistem buttom two.

5. NU Dimension (mentor Ahmad Dhani)

13661923892009785395

xfactorindonesia.com

Bertahan menjadi satu-satunya vokal grup yang mampu menembus 5 besar XFI, NUDI sepertinya akan mendapat dukungan dari para penggemar boyband tanah air. Selain suara masing-masing personilnya yang bekelas, mereka juga punya wajah yang unik dan lumayan. Mereka sepertinya juga sudah ditakdirkan untuk menjadi salah satu boyband terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Sebenarnya NUDI adalah kontestan yang sangat diuntungkan karena masing-masing anggotanya berasal dari daerah yang berbeda. Merekapun punya mentor jenius seperti Ahmad Dhani. Jadi tak ada alasan bagi NUDI untuk tersingkir lebih awal, melihat potensi dari segi penampilan dan dukungan yang bisa mereka raih.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, XFI saat ini sudah memasuki fase ‘unpredictable’. Pada akhirnya faktor X lah yang menentukan. Dan faktor X itu kini bisa menjadi apa saja. Siapapun bisa terdepak dan siapapun juga bisa menjadi juara. Berhasil masuk ke-5 besar ajang sekelas X Factor Indonesia, tentu hal yang patut disyukuri masing-masing kontestan di saat jutaan orang di luar sana bahkan tidak berani untuk memimpikannya.

Salam Faktor X

Gambar : xfactorindonesia

Follow saya di @OrangMars

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bukti Nyata Power Sosial Media; Jonan, Ahok, …

Prayitno Ramelan | | 23 November 2014 | 10:59

Curhat Kang Emil pada Ko Ahok di …

Posma Siahaan | | 23 November 2014 | 16:12

Menikmati Kompasianival 2014 Lewat Live …

Gaganawati | | 23 November 2014 | 06:26

Saliman, Buruh Biasa yang Cepat Tangkap …

Topik Irawan | | 23 November 2014 | 16:44

Maksimalkan Potensi Diri dan Gerak Lebih …

Kompasiana | | 21 November 2014 | 12:11


TRENDING ARTICLES

Menampar SBY dengan Kebijakan Jokowi …

Sowi Muhammad | 7 jam lalu

Dengan Interpelasi, Jokowi Tidak Bisa …

Ibnu Purna | 7 jam lalu

Rangkuman Liputan Acara Kompasianival Akbar …

Tjiptadinata Effend... | 7 jam lalu

Kenaikan Harga BBM, Pandangan di Kalangan …

Indartomatnur | 8 jam lalu

Pak Jokowi Rasa Surya Paloh …

Bedjo Slamet | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Sebaik-baiknya Tahun adalah Seluruhnya …

Ryan Andin | 7 jam lalu

Tak Sering Disorot Kamera Media, Kerja Nyata …

Topik Irawan | 7 jam lalu

Siasat Perangi KKN Otonomi Daerah …

Vincent Fabian Thom... | 7 jam lalu

Pancasila : Akhir Pencarian Jati Diri Kaum …

Vincent Fabian Thom... | 8 jam lalu

Hebohnya yang Photo Bareng Pak Ahok di …

Fey Down | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: