Back to Kompasiana
Artikel

Musik

Kiki Damayanti

I am Teacher in Vocational High School in Lubuk Linggau My hobby islistening music. I am selengkapnya

Ikatan Batin dan Peran Rossa untuk Fatin Shidqia Lubis X Factor Indonesia

OPINI | 21 May 2013 | 11:02 Dibaca: 5199   Komentar: 39   13

Jika kemarin penulis telah berbicara tentang Fatin dan Fatinisticnya Sekarang penulis akan mencoba membahas tentang seorang yang telah memberikan dampak yang cukup besar pada Fatin yaitu Rossa yang biasa Fatinistic panggil Teh Ocha serta beberapa peran 3 Juri X Factor Indonesia siapa lagi jika bukan Anggun C Sasmi, Beby Romeo, Ahmad Dhani. Fatin, sekarang sudah jauh lebih baik dari segi penghayatan dan penampilan dan juga tehnik (ini menurut Penulis loh) jika dibandingkan pada saat pertama kali Fatin mengikuti audisi. Fatin menyanyikan lagu Grenade yang saat itu dia masih sangat lugu, malu-malu, tanpa make up, dan hanya berdiri, menunduk dengan sesekali membenarkan jilbabnya sepanjang Ia menyanyikan lagu yang dipopulerkan Bruno Mars itu.

Tentulah perubahan yang cukup signifikan pada diri Fatin tidak muncul dengan sendirinya tanpa sentuhan tangan seorang Diva Indonesia yang tak asing lagi di Indonesia. Siapa lagi jika bukan Rossa. Menurut penulis, Rossa sukses dalam membimbing Fatin hingga mengantarkan nya ke 2 Besar X Factor Indonesia. Walau pada Gala-Gala pertama Rossa selalu mendapatkan kritikan dari Beby Romeo dikarenakan pemilihan lagu yang tidak cocok sampai ke cara Fatin bernyanyi yang dinilai Beby tidak harus menguasai tehnik karena Fatin sudah punya karakter dalam suaranya.begitu pun Ahmad Dhani ikut berkicau jika Dhani lebih suka Fatin bernyanyi dengan gaya nya fatin tanpa harus berubah seperti karakter Rossa. Jika penulis boleh mengutip kata-kata Dhani “Justru karena kamu(Fatin) yang kaku (unik) Aku suka kamu” kurang lebih begitu yang Dhani katakan tentang Fatin yang saat mendapatkan kritik oleh Anggun soal High Heel yang dikenakan Fatin Saat itu menurut Anggun tidaklah Nyaman hingga ketika Fatin berjalan terlihat kaku.

Dan masih untuk kesekian kalinya Fatin kembali dikritik oleh Beby Romeo yang menurutnya Fatin salah dalam pemilihan lagu. Yaitu lagu Perahu Kertas yang menurut Beby lagu itu tidak pantas untuk Fatin, serta lagu Girl On Fire pun menurut seorang Beby Romeo tidak cocok untuk Fatin, karena Beby berharap Rossa bisa memilihkan lagu yang bisa mengeluarkan Karakter suara Fatin. Tapi Rossa lagi dan lagi meyakinkan Fatin dan Fatinistic dengan statement “aku ingin mengeluarkan yang masih terpendam didalam diri Fatin”.

Ternyata bukan hanya dari sorang Beby Romeo saja Rossa mendapat kritikan dalam memilihkan lagu untuk Fatin. Hal ini pun sempat menjadi perdebatan dikalangan Fatinistic (Member). Fatinistic pun beranggapan Rossa memilih lagu yang selalu menggunakan tehnik bernyanyi yan Fatin pun belum miliki. Tetapi ada pula Fatinistic yang mendukung apa yang dilakukan Rossa. Penulis sendiri pun tidak pernah meragukan apa yang dilakukan oleh Rossa dalam mendidik sorang Fatin Shidqia Lubis. Karena penulis yakin Rossa hanya ingin memberikan atau mewarisi apa yang ia miliki dalam dunia music untuk Fatin serta bisa menjadi bekal Fatin kelak ketika benar-benar terjun ke Dunia Musik Indonesia. Bahkan Rossa pun menginginkan Fatin untuk bisa lebih sukses dari dirinya.(Aamiin)

Sosok Rossa yang tidak hanya menjadi mentor tapi juga Kakak, Bahkan mungkin sosok seorang Ibu yang ada dalam diri Rossa yang membuat Fatin tidak pernah menyerah. Ketika terus menerus mendapat kritikan dari beberapa juri dan tak lupa haters tentunya. Penulis pun merasakan semakin dekat ke Grand Final. Ikatan Emosi antara Fatin dan Rossa pun kian erat. Itu bisa penulis rasakan dan penulis simpulkan. Ketika Fatin terus-menerus mendapatkan kritikan, ketika Fatin terus menerus merasa bahwa dirinya lemah pada nada tinggi.

Tiga kejadian yang bisa membuat penulis menyimpulkan begitu eratnya ikatan batin antara Rossa dan Fatin. Pertama disaat Fatin masuk kedalam bottom two, dimana saat itu juga penentuan masuk tiga besar. Saat itu terlihat sekali kekhawatirkan dari muka Fatin hingga Dia memeluk Rossa begitu erat yang hal ini tidak pernah terjadi di Gala-Gala sebelumnya. Puncaknya ketika Mikha Angelo diharuskan pulang yang berarti menyatakan Fatin berhak masuk ke Tiga Besar X Factor Indonesia. Dan kembali kesedihan dan airmata mengalir di pipi Fatin hingga dia terus memeluk Rossa sampai turun dari panggung.

Kedua, saat Fatin menyanyikan lagu everything at Once, saat itu usai menyanyikan lagu tersebut Fatin menangis karena lupa beberapa lirik dari lagu itu. Disinilah sosok seorang keibuan dari Rossa. Bak seorang ibu yang tak tega melihat anaknya yang sedang merasa sendiri, down dan merasa telah melakukan kesalahan dan butuh dukungan dari seorang ibu, Rossa pun langsung naik keatas panggung memeluk Fatin dan memberikan semangat untuk Fatin. Dampaknya airmata Fatin yang sempat mengalir di pipinya itu terhenti karena Rossa meyakinkan nya.

Ketiga, malam Grand Final X Factor Indonesia pun membuat Fatin kembali meneteskan air mata dan kembali memeluk Rossa dengan begitu eratnya begitu pun Rossa, disaat akan diumukannnya siapa yang berhak masuk Dua Besar X Factor Indonesia. Saat Robby Purba menyebutkan nama kontestan yang pertama yang berhak melaju ke babak Dua Besar X Factor Indonesia adalah Fatin, maka kembali menetes air mata dari pipi wajah gadis yang imut ini, berbeda dengan raut wajah Fatin yang terus berlinang air mata, Rossa terlihat begitu bahagia dan gembira dengan masuknnya Fatin Shidqia Lubis ke Dua besar X Factor Indonesia. Tetapi raut wajah Rossa itupun berubah disaat Fatin menyanyikan Lagu kemenangan yang berjudul “Memilih untuk Setia”, kembali seorang Rossa menitikkan airmata, soalah ingin mengungkapkan rasa bangganya pada anak didik yang terus ia bimbing hingga mengantarkan Fatin ke Dua Besar X Factor Indonesia.

Akankah Jerih payah Rossa membuahkan hasil yang manis pada Jumat, 24 Mei 2013 nanti??? malam penentuan siapa yang berhak menjadi Juara X Factor Indonesia??? Hanya VOTING Anda FATINISTIC di Seluruh Indonesia dan juga yang berada diluar negeri yang bisa membayar jerih payah Rossa atau yang akrab kita sapa dengan “teh Ocha” dan jatuh bangun nya Fatin kurang lebih 4 bulan di X Factor Indonesia. Ingin fatin jadi juara X Factor Indonesia??? Jangan Cuma koment apalagi saling adu urat ama haters…. Jangan lengah, dan saling mengandalkan lagi.  salam Fatinistic #FatinJuara (Foyyaaahh!!!).

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kompasiana Nangkring bareng Pertamina …

Santo Rachmawan | | 01 September 2014 | 13:07

Inilah Buah Cinta yang Sebenarnya …

Anugerah Oetsman | | 01 September 2014 | 17:08

Catatan Pendahuluan atas Film The Look of …

Severus Trianto | | 01 September 2014 | 16:38

Mengulik Jembatan Cinta Pulau Tidung …

Dhanang Dhave | | 01 September 2014 | 16:15

Ikuti Blog Competition Sun Life dan Raih …

Kompasiana | | 30 August 2014 | 17:59


TRENDING ARTICLES

Dilarang Parkir Kecuali Petugas …

Teberatu | 7 jam lalu

Ini Kata Rieke Dyah Pitaloka …

Uci Junaedi | 7 jam lalu

Ahok Dukung, Pasti Menang …

Pakfigo Saja | 10 jam lalu

BBM Bersubsidi, Menyakiti Rakyat, Jujurkah …

Yunas Windra | 11 jam lalu

Rekayasa Acara Televisi, Demi Apa? …

Agung Han | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Pemenang Putri Indonesia di Belanda Bangga …

Bari Muchtar | 8 jam lalu

Penanggulangan Permasalahan Papua Lewat …

Evha Uaga | 8 jam lalu

Antara Aku, Kamu, dan High Heels …

Joshua Krisnawan | 8 jam lalu

Rakyat Dukung Pemerintah Baru Ambil Jalan …

Abdul Muis Syam | 8 jam lalu

Masa Orientasi, Masa Di-bully; Inikah Wajah …

Utari Eka Bhandiani | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: