Back to Kompasiana
Artikel

Musik

Sahroha Lumbanraja

Family Man, perantau di Jakarta. Menulis adalah saat terbaik saya menikmati waktu. twitter @sahroha. No selengkapnya

Katy Perry Plagiat Nike Ardila?

OPINI | 04 April 2014 | 10:47 Dibaca: 2948   Komentar: 41   12

Dunia hiburan Indonesia tengah marak memperbincangkan kembali salah satu legenda musik Indonesia, Nike Ardila. Penyanyi yang sangat sukses di era 1990-an ini kembali menjadi topik hangat di berbagai forum online dan bahkan pada tayangan showbiz. Lady rocker yang meniti karir sejak usia remaja ini memang tak pernah surut fenomenanya. Walaupun sudah meninggal karena kecelakaan di Bandung, Jawa Barat pada 19 Maret 1995, karya-karyanya tetap abadi hingga sekarang. Bersamaan dengan itu, penggemar Nike Ardila tetap eksis dan selalu bertambah. Dengan nama NAFC (Nike Ardila Fans Club), penggemar ‘hits maker’ ini mencakup berbagai kalangan dan usia. Tak hanya penggemarnya yang setia sejak awal karirnya, bahkan NAFC juga terdiri dari usia remaja dan anak-anak. Walau tak pernah melihat idolanya secara langsung, tetapi musik Nike Ardila mampu menarik perhatian banyak orang untuk bergabung pada komunitas NAFC.

Sebagai penggemar fanatic Nike Ardila, tentu saja NAFC tahu betul karakter dan bahkan moment-moment kecil yang terjadi ketika Idola mereka masih hidup. dari hal sekecil fotopun pasti NAFC mengingat dan merekamnya dalam otak. Inilah yang kemudian menjadi isu hangat perbincangan di dunia maya. NAFC tampaknya mengamati beberapa pose khas Nike Ardila dulu muncul pada seorang sosok penyanyi Internasional, Katy Perry. Katy Perry dinilai meniru beberapa pose Nike Ardila dulu. Dikutip dari twitter @nikeardilla_id yang dikelola NAFC, berbagai foto dipublish yang menunjukkan kesamaan beberapa pose Katy Perry dan Nike Ardila. Dari segi gaya dan detil ekspresi di foto yang dipublish memang terlihat keduanya Nampak sama. Lihat foto di bawah ini.

Katy Perry dan Nike Ardila tentu saja dua pribadi yang berbeda. Walau memiliki kesamaan sebagai penyanyi sukses sekaligus pernah membintangi film laris. Nike Ardila menjadi sangat fenomenal di Indonesia dengan hits-hitsnya yang selalu merajai tangga lagu dan penjualan, sebut saja Bintang Kehidupan, Sandiwara Cinta, Nyalakan Api, Seberkas Sinar, Mama Aku Ingin Pulang dan masih banyak lagi. Dengan prestasi segudang Nike menjadi salah satu fenomena musik Indonesia, sayangnya di puncak popularitasnya, Nike Meninggal akibat kecelakaan ketika mobil Honda Civic yang dikendarainya menghantam beton di jalan RE Martadinata di kota Bandung pada 19 Maret 1995. Walaupun karyanya masih bisa dinikmati sekarang, tetapi sosok Nike Ardila tak dapat dilihat lagi. Sebaliknya Katy Perry kini tengah menikmati masa-masa puncak karirnya yang kian lama kian menanjak naik. Mengawali karir sebagai penyanyi gospel, Katy Perry akhirnya sukses besar ketika meluncurkan single “I Kissed a Girl” pada tahun 2008. Ini menjadi awal Perry menguasai setiap tangga lagu dunia. Hits seperti Firework, Hot n Cold, Tenage Dream, E.T dan lain sebagainya.

Isu penjiplakan yang dilakukan Katy Perry terhadap Nike Ardila awalnya hanya sebatas foto saja dan dianggap hanay kebetulan. Namun isu tersebut semakin memanas tatkala kemunculan lagu baru Perry di album Prism yang kini juga sangat fenomenal. Lagu bertajuk Dark Horse yang sekarang mengisi setiap chart musik dunia sebelumnya menuai kontroversi atas adegan di Musik Video yang kalung Perry dianggap telah melecehkan umat Muslim dunia karena salah seorang penari latarnya mengenakan kalung berlafadz ALLAH dalam bahasa arab yang kemudian di bakar. Adegan tersebut membuat banyaknya petisi yang meminta penghapusan Video tersebut dari Youtube. Video yang kini ditonton lebih dari 179 juta Viewers ini masi eksis di Youtube. Namun sepertinya hal tersebut bukan satu-satunya kontroversi yang muncul. Intro dari Dark Horse terdengar sangat mirip dengan salah satu hits milik Nike Ardila yang berjudul Tinggallah Kusendiri yang popular tahun 1993. Intro kedua lagu tersebut memang sangat identik. Hal ini diperkuat dengan rencana tuntutan pencipta lagu yang kini masih hidup, Yuke NS. Seperti dikutip dari liputan6.com, Yuke menginginkan klarifikasi dari manajemen Katy Perry:

Kalau dibilang saya yang menjiplak itu tidak mungkin. Karena lagu Tinggallah Kusendiri keluarnya tahun 90an. Katy Perry kan baru akhir-akhir ini saja, Ini kan hanya kesamaan. Terlepas dari adanya unsur sengaja atau tidak saya minta klarifikasi dari manajemen Katy Perry” tutur Yuke.

Persamaan kedua lagu tersebut memang hanya pada Intro saja dan bahkan tidak sampai 8 bar. Artinya ini suatu kewajaran mengingat notasi musik yang terbatas. Tetapi mendengar intro keduanya memang sangat jelas kemiripannya. Berikut ini videonya:

Nike Ardila-Tinggallah Ku sendiri:

http://www.youtube.com/watch?v=L4BDjhmGK1I

Katy Perry-Dark Horse:

http://www.youtube.com/watch?v=0KSOMA3QBU0

Terlepas dari sengaja di plagiat Katy atau ini kebetulan saja, setidaknya kemunculan lagu ini seakan mengobati kerinduan fans kepada musik Nike Ardila. Siapa sangka setelah lebih dari 20 tahun dirilis, lagu ini kembali dilantunkan oleh penyanyi sekaliber Katy Perry. Tak lupa, kemunculan musik Dark Horse yang identik dengan milik Yuke membuktikan bahwa Musik Indonesia zaman dulu bahkan tak kalah dengan musik zaman sekarang. Semoga saja Katy Perry bersedia mendengar kritik dari NAFC dan Yuke

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pengalaman Masa Kecil Membuat Ahok Jadi …

Hendra Wardhana | | 23 November 2014 | 22:44

Pungutan di Sekolah: Komite Sekolah Punya …

Herlina Butar-butar | | 23 November 2014 | 22:08

Masyarakat Kampung Ini Belum Mengenal KIS, …

Muhammad | | 23 November 2014 | 22:43

Penerbitan Sertifikat Keahlian Pelaut (COP) …

Daniel Ferdinand | | 24 November 2014 | 06:23

Maksimalkan Potensi Diri dan Gerak Lebih …

Kompasiana | | 21 November 2014 | 12:11


TRENDING ARTICLES

Musni Umar: Bunuh Diri Lengserkan Presiden …

Musni Umar | 5 jam lalu

Baru 24 Tahun, Sudah Dua Kali Juara Dunia! …

Jimmy Haryanto | 7 jam lalu

Momentum Pencabutan Subsidi BBM, Memicu Dua …

Dwi Hartanto | 7 jam lalu

Menampar SBY dengan Kebijakan Jokowi …

Sowi Muhammad | 16 jam lalu

Dengan Interpelasi, Jokowi Tidak Bisa …

Ibnu Purna | 16 jam lalu


HIGHLIGHT

Autokritik untuk Kompasianival 2014 …

Muslihudin El Hasan... | 7 jam lalu

Kangen Monopoli? “Let’s Get …

Ariyani Na | 8 jam lalu

Catatan Kecil Kompasianival 2014 …

Sutiono | 8 jam lalu

Jangan Sembarangan Mencampur Premium dengan …

Jonatan Sara | 8 jam lalu

Beda Banget Nasib Rinni dan Aris …

Dean Ridone | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: