Back to Kompasiana
Artikel

Televisi

Lisa Aza

cuma seorang ibu rumah tangga yg iseng2 suka nulis kalo pengen curcol...:)

Surat cinta untuk KCK tercinta ;)

OPINI | 06 November 2010 | 18:31 Dibaca: 822   Komentar: 0   0

Kemilau Cinta Kamila menawarkan cerita yang berbeda di awal penayangannya pada tanggal 1 Maret 2010..Sinetron produksi SinemArt ini menyuguhkan cerita tentang perjalanan hidup seorang anak yg terlahir di luar pernikahan dan kembali mengulang kesalahan ibunya di masa lalu. Sinetron yang pada awal penayangannya ini menimbulkan beragam opini dimasyarakat terutama pencinta sinetron di Indonesia.Cerita yang dikemas apik oleh seorang penulis muda yang sangat berbakat Inarosamayana ini menuai kritikan keras dari berbagai elemen masyarakat karena dianggap berani menampilkan kisah yang dianggap tabu bagi sebagian masyarakat Indonesia yang agamis. Menurutku tidak ada yang istimewa dari sinetron ini. Suguhan kisah percintaan anak muda masih mewarnai cerita Kemilau Cinta Kamila.Namun seiring dengan tayangan sinetron ini di RCTI setiap harinya membuat aku tercengang. Ada sesuatu yang sangat membuat sinetron ini berbeda dengan sinetron yang selama ini tayang di layar televisi kita. Kemilau Cinta Kamila menawarkan rasa yang berbeda disetiap episodenya . Ada banyak hal yang bisa membuat sinetron ini berbeda dengan yang lain. Ada pemain yang terwakili oleh 2 anak muda berbakat yaitu Asmirandah sebagai Kamila Regina Putri dan Jonas Rivanno sebagai Fadil Reynaldi dan Taufan Reynaldi, ada seorang sutradara handal yang begitu piawai mengarahkan semua pemain dan kru, namun kesemuannya itu tak akan sempurna tanpa alunan cerita yang begitu memikat. Ada penulis berbakat yang telah dengan sangat indah merangkai cerita demi cerita disetiap episode Kemilau Cinta Kamila yang sangat dicintai oleh KCK Lovers (sebutan untuk KCK mania) Donna Rosamayna atau Inarosamayana.Kemilau cinta kamila telah menyihir ribuan mata yang menontonnya. Sajian apik yang dikemas dalam scene manis ala Mila dan Fadil membuat terkesima ribuan mata para KCK Lovers.Cerita sederhana yang dirangkai indah membuat sinetron ini begitu sarat pesan moral namun tetap memikat untuk dinikmati.Rangkaian cerita manis yang sederhana namun memikat membuat sinetron ini dicintai oleh banyak pemirsa di Indonesia. Kisah percintaan antara antara Kamila yang diperankan dengan sangat bagus oleh Asmirandah dan Fadil Reynaldi yang dimainkan dengan sangat indah oleh Jonas Rivanno membuat sinetron ini selalu dinanti disetiap penayangannya.Kepiawaian pasangan Asmirandah dan Jonas Rivanno membangun chemistry membuat sinetron ini selalu menarik untuk ditonton.

 Rangkaian cerita yang dikemas oleh sang penulis membuat sinetron ini memasuki sekuelnya yang ketiga dengan Judul Makin Cinta.Kemilau Cinta Kamila 3 Makin Cinta yang tayang perdana di RCTI pada tanggal 17 Oktober 2010 telah membuktikan bahwa sinetron ini layak untuk dijadikan yang terbaik. Cerita yang disuguhkan dalam Kemilau Cinta Kamila 3 Makin Cinta ini begitu menyita perhatian para penggemarnya hingga banyak sekali saran, kritikan dan pujian serta cacian yang disampaikan para KCK Lovers terhadap penulisnya yang cantik Donna Rosamayna.Alur cerita serta tokoh yang disajikan dalam KCK3 MC ini membuat sebagian KCK Lovers kecewa dan menumpahkannya dalam tulisan berupa kritikan. Keadaan ini membuat perpecahan diantara KCK Lovers sendiri.Sungguh sangat ironis jika kita para pencinta KCK saling beradu pendapat bahkan mungkin bermusuhan karena harusnya kita semua belajar tentang bagaimana menghargai, mencintai dan memaafkan dari sinetron kesayangan kita ini. Dengan tidak mengurangi rasa hormatku pada perbedaan diantara kita tentang KCK3 Makin Cinta marilah kita serahkan sepenuhnya alunan cerita sinetron ini pada sang penulis idola kita semua.Meski bagiku tidak ada keberpihakan kepada salah satu pihak dan kepentingan, hanya semata-mata cintalah yang mendorong aku untuk memberikan sedikit ulasan tentang perbedaan yang sudah membelenggu kebersamaan kita selama ini. Perbedaan itu indah namun jika perbedaan itu membelenggu dan menyebabkan perpecahan maka perbedaan itu telah kehilangan keindahannya. Indah jika kita bisa membuat perbedaan itu kekuatan buat kita untuk terus mendukung KCK. Banyaknya tanggapan, saran dan kritikan yang selama ini selalu dan selalu dilontarkan oleh KCK Lovers telah memberi bukti nyata kecintaan KCK Lovers terhadap sinetron ini namun terkadang memperlihatkan reaksi yang sangat berlebihan sehingga terkesan sangat memaksakan ego masing-masing. Kita haruslah selalu berpijak pada kaidah dan batasan yang patut untuk dihargai.Belajarlah untuk menghargai hasil karya orang lain dengan tidak mencoba merubahnya hanya karena keinginan kita yang kadang diselimuti ego sesaat.Percayalah bahwa apa yang sudah dirangkai dengan sangat indah oleh penulis KCK merupakan suguhan sarat makna yang bisa membuat siapapun yang meyaksikan tayangan ini dengan hati akan jatuh hati. Kita semua mempunyai mimpi yang sama untuk tetap menyaksikan KCK hadir menemani malam-malam indah kita setiap harinya dalam kurun waktu yang masih sangat lama.Inilah saatnya kita memberikan kontribusi bagi keberhasilan KCK 3 MC sebagai bentuk apresiasi kita terhadap kerja keras dari seluruh pemain, kru dan tentunya penulis. Kontribusinya yang mungkin bisa kita berikan adalah memberi ruang yang luas buat para pemainnya untuk beradu akting dengan siapapun untuk mengasah dan membuktikan bahwa mereka memang layak buat menjadi idola semua orang.Berikan surport yang nyata kepada penulis cerita untuk selalu menghasilkan karya-karya hebat tanpa harus kita intervensi alur ceritanya.

 Tidak ada yang salah dengan segala kritikan dan masukan yang selama ini telah diberikan oleh kita semua sebagai bentuk kesetiaan dan kecintaan kita terhadap sinetron kesayangan kita, namun buatlah pujian dan kritikan itu hanya sebagai semangat untuk mereka semua berkarya lebih baik dan bukan untuk merubah sesuatu yang telah mereka rancang dengan sangat indah. Jadilah kita penonton cerdas secara emosi, cerdas dalam menyikapi sajian yang telah dengan susah payah mereka berikan kepada kita.Ada satu hal yang membuat aku sedikit berbangga hati dengan perbedaan pendapat diantara KCK Lover tentang KCK3 MC telah membuktikan bahwa alunan cerita manis yang dikemas sangat apik oleh Donna Rosamayna telah memikat dan menyihir begitu banyak orang di Indonesia. Selalu dan selalu ada cerita yang ditunggu oleh pemirsa RCTI setiap harinya dengan berbagai rasa yang berkecamuk dalam dada.Chemistry yang dibangun oleh Asmirandah dan Jonas Rivanno telah menyihir begitu banyak mata yang melihatnya. Apresiasi ini tidak hanya diakui oleh penggemar KCK atau KCK Lovers tapi juga diakui oleh begitu banyak pemirsa penikmat sinetron di Indonesia.Chemistry mereka dalam Kemilau Cinta Kamila berbuah manis dengan terpilihnya Asmirandah dan Jonas Rivanno sebagai Pasangan Terfavorit The Best Chemistry UMI 2010. Akting apik yang mereka juga mendapat penghargaan sebagai Aktris dan Aktor Drama Terfavorit UMI 2010.Namun yang paling membuat aku bahagia adalah penghargaan yang diberikan kepada Kemilau Cinta Kamila sebagai Sinetron Terfavorit UMI 2010.Penghargaan-penghargaan ini cukup memberikan bukti bahwa apresiasi terhadap tayangan ini sungguh luar biasa.Suatu tayangan sinetron tidak akan pernah lepas dari sebuah skenario yang dirancang untuk membuat alur cerita menjadi begitu menarik untuk dinikmati dan ditonton masyarakat. Cerita yang disuguhkan KCK memberikan warna berbeda dengan rangkaian kata-kata dalam kalimat indah yang menguraikan cinta. Cintalah yang memberi kekuatan untuk memaafkan, membuang rasa marah, menghapus dendam, menguapkan kebencian, menaburkan kasih sayang, kerelaan berkorban dan selalu ingin memberi tanpa meminta seperti cinta yang diajarkan Donna Rosamayna dalam tokoh ceritanya Kamila Regina Putri dan Fadil Reynaldi. Marilah kita bersama-sama belajarlah menjadi peka dengan melihat dan menghargai hasil karya orang lain dengan tidak berusaha memasuki ranah yang bukan untuk kita. Maafkan aku jika apa yang kusampaikan akan menyinggung banyak perasaan para KCK Lovers namun aku hanya berpendapat dan menilai tapi jika penilaian ini salah maka dengan segala kerendahan hati aku meminta maaf namun apa yang aku tuangkan hanya semata-mata didorongkan rasa cinta kepada KCK dan kalian semua KCK Lover.Mengutip apa yang dikatakan Andah dalam Kabar-Kabari bahwa tidak ada yang bermaksud menggurui atau merasa digurui namun ini hanya semata-mata uangkapan hati untuk memberikan yang terbaik.

Akhirnya aku hanya bisa menyanyikan sebuah lagu manis buat Kemilau Cinta Kamila ” Tak Terganti ” Marcel ” Meski waktu datang dan berlalu sampai kau tiada bertahan… Semua takkan mampu mengubahku.. Hanyalah kau yang ada direlungku.. Hanyalah dirimu mampu membuat jatuh dan mencinta… Kau bukan hanya sekedar indah… Kau tak akan Terganti…. ”””…

 

#Ditulis oleh Rabiatul Adawiyah, seorang penikmat sinetron Kemilau Cinta Kamila :)

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Menghadiri Japan Halal Expo 2014 di Makuhari …

Weedy Koshino | | 27 November 2014 | 16:39

Bu Susi, Bagaimana dengan Kualitas Ikan di …

Ilyani Sudardjat | | 27 November 2014 | 16:38

Saya Ibu Bekerja, Kurang Setuju Rencana …

Popy Indriana | | 27 November 2014 | 16:16

Peningkatan Ketahanan Air Minum di DKI …

Humas Pam Jaya | | 27 November 2014 | 10:30

“Share Your Dreams” dengan Paket …

Kompasiana | | 26 November 2014 | 11:24



HIGHLIGHT

Keuntungan Minum Air Mineral di Pagi Hari …

Vitalis Vito Pradip... | 11 jam lalu

Perbandingan Cerita Rakyat Ande-ande Lumut …

Kinanthi Nur Lifie | 11 jam lalu

Kalau Nggak Macet, Bukan Jakarta Namanya …

Seneng Utami | 11 jam lalu

Merdeka Tapi Mati! …

Engly Ndaomanu | 12 jam lalu

‘Jujur dan Benar dalam Pola …

Asep Rizal | 12 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: