Back to Kompasiana
Artikel

Televisi

Selamet Hariadi

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFA'AT. Reseacher-ONLINE selengkapnya

Percuma Ikut Voting Panasonic Gobel Awards ke-16?

REP | 12 March 2013 | 12:25 Dibaca: 5597   Komentar: 22   10

Tahukah Anda tentang Penghargaan Panasonic Gobel Awards? Sebagian dari kita mungkin mengetahui sekilas, secara umum  Panasonic Gobel Awards (PGA)  adalah sebuah acara penghargaan untuk insan pertelevisian di Indonesia. Yang masuk nominasi pun dari berbagai mereka yang eksis di media pertelevisian, baik perorangan hingga program acara.

1363066054648617789

Ilustrasi (dok.facebook PGA)

Nominasi yang Aneh?

Dari nama besarnya Acara Penghargaan ini tentunya kita akan tertuju pada sebuah brand yakni Panasonic. Tentunya akan menjadi sebuah kekuatan promosi dan branding tersendiri oleh Panasonic yang menggelar acara ini karena media televisi yang masuk nominasi akan mempromosikan acaranya atau insan media yang membawakan acara di media televisinya di berbagai kesempatan waktu. Kita akan sering dengan pembawa acara sebuah talkshow atau berita akan mengatakan himbauan “jangan lupa dukung program… di Panasonic Gobel Awards ke-16 dengan cara…”. Promosi hampir setiap waktu di sebagian media televisi inilah akan menguatkan branding Panasonic tentunya.

1363065198254942667

Pemilihan Nominator (dok.facebook PGA)

Nominasi yang masuk dalam Panasonic Gobel Awards hampir tiap tahun mungkin akan dipertanyakan sebagian masyarakat, kenapa program yang mereka suka tidak masuk dalam nominasi. Siapa saja yang masuk Nominasi, Panasonic Gobel Awards bekerja sama dengan AC Nielsen untuk melakukannya saringan siapa saja yang berhak masuk. Untuk Pemilihan acara televisi yang masuk nominasi sebenarnya berdasarkan perhitungan rata-rata rating /share program dari AC nielsen. Untuk masuk pun dibatasi dimana harus memenuhi syarat seperti : tayang selama tahun 2012 dimana memiliki minimal 6 episode (weekly) atau 20 episode (stripping). Sedang untuk Nominasi Penghargaan perorangan, dilakukan survei ke 1300 responden di 10 kota yang dilanjutkan dengan proses saring oleh tim yang ditunjuk untuk verifikasi oleh Panasonic Gobel Awards.

13630661811640409768

Pemilihan Nominator (dok.facebook PGA)

Yang bisa kita amati dari semua Nominasi di Panasonic Gobel Awards ke 16 ini hampir semuanya berjumlah 5 nominator tiap grup nominasi, yang berbeda dan mungkin aneh adalah ketika pada grup nominasi Berita yang mana paling banyak nominatornya. Entah apa tujuannya penyelenggara, namun terlihat bahwa untuk grup nominasi berita terlihat penyelenggara ingin menyeimbangkan antar media Televisi.

1363065375925759431

List Nominator Program Berita Lebih banyak (dok.wikipedia)

Program acara yang telah gulung tikar atau sudah tidak ada di peredaran/tayangan acara pertelevisian Indonesia pun masih masuk dalam nominasi. Seperti misalnya The Hits, acara yang hanya beberapa bulan bertahan di Trans TV ini masih ikut juga dimasukkan nominasi. Di Panasonic Gobel Awards sebelumnya digelar maret tahun lalu pun masuk namun tak menjadi pemenang. Jika merujuk sumber wikipedia acara ini selesai pada akhir Januari 2012, dari sebagian syarat masuk nominasi sebenarnya sudah memenuhi namun apakah tak ada acara lain atau memilih The Hits yang masuk nominasi hanya sebagai penambah nominasi?

Nama Pak Mario Teguh yang muncul pun bisa mengundang tanda tanya kenapa masuk grup nominasi presenter talkshow berita dan informasi? Sedang pada acaranya Pak Mario Teguh di Golden Ways yang menjadi Presenter biasanya Hilbram Dunar. Nama Rezky Aditya sebagai Pemenang tahun lalu pun juga tak tampak.

Hal lain yang jadi berita di berbagai media online pada penyelenggarakan Panasonic Gobel Awards tahun lalu adalah aksi boikot oleh Transcorp. Apakah hal ini akan terjadi tahun ini dengan melihat cukup banyak nominator dari Transcorp? Keputusan itu ada pada Transcorp sendiri, meski ada salah satu orang Transcorp dalam tim verifikasi.

1363066370132188007

Boikot Transcorp (dok.wikipedia)

Voting Tanpa hadiah lagi?

Sebagian kita mungkin tahu bagaimana  Panasonic Gobel Awards tahun lalu ada indikasi kecurangan. Hal ini karena polling dilakukan via website yang mungkin rentan pada penyusupan. Tahun ini Panasonic Gobel Awards diselenggarakan hanya dengan 2 sistem Voting/polling, yakni dengan sms atau dengan mengirim surat.

Tahun lalu pula jika kita tahu bahwa Panasonic Gobel Awards tidak memberikan hadiah pada masyarakat yang melakukan Voting/Polling. Nah ternyata tahun ini di gelaran Panasonic Gobel Awards ke-16 juga tanpa iming-iming hadiah bagi yang melakukan voting. Padahal kalau kita tahu acara-acara pencarian bakat di sebagian besar televisi akan memberikan hadiah bagi mereka yang sudi melakukan voting kepada yang masuk nominasi.

Namun Panasonic Gobel Awards memberikan hadiah melalui kuis di social media-nya, jadi strategi ini mungkin digunakan agar mereka pemerhati atau penggemar nominator yang masuk dalam nominasi Panasonic Gobel Awards ke-16 untuk ‘mantengin’ social media Panasonic Gobel Awards. Strategi ini juga bisa sebagai alat untuk menjadikan Panasonic Gobel Awards sebagai trending topic di social media.

1363083213943534939

Informasi Voting PGA tidak ada hadiah (dok.facebook PGA)

13630662341843979228

Piala PGA (dok.mekarjayatrophy)

Lalu buat apa melakukan Voting jika tidak ada hadiahnya? Tentunya keputusan mendukung dengan voting nominator yang masuk dalam Panasonic Gobel Awards ke-16 adalah keputusan masyarakat. Jika ikut Voting semua grup nominasi tentunya akan melakukan 32 kali SMS, nah jika biaya pulsa 1 SMS Rp 2000.- maka untuk melakukan voting untuk semua nominasi 32 nominasi x Rp 2.000 = Rp 64.000,- biaya SMS pulsa. Misal ada 1 juta orang yang melakukan dukungan, maka tinggal dikalikan saja. Dari SMS ini bisa diperkirakan keuntungan yang di dapat Penyelenggara, belum lagi promosi gratis di berbagai media Televisi yang ingin Program atau insan media yang masuk nominasi di televisi tersebut Mendapat Piala Panasonic Gobel Awards. [SH]

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sepotong Senja di Masjid Suleeyman yang …

Rumahkayu | | 19 April 2014 | 10:05

Pengakuan Mantan Murid JIS: Beberapa Guru …

Ilyani Sudardjat | | 19 April 2014 | 20:37

Kompas adalah Penunjuk Arah, Bukan Komando …

Dita Widodo | | 19 April 2014 | 21:41

Kakak-Adik Sering Bertengkar, Bagaimana …

Lasmita | | 19 April 2014 | 22:46

Kompasianer Mengawal Pemilu 2014 …

Kompasiana | | 09 April 2014 | 04:17


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: